Saat ini sudah memasuki pertengahan tahun baru 2019, namun belum juga ada kepastian kapan mobil Esemka akan diluncurkan. Meskipun jarang terdengar kabar mengenai waktu peluncuran mobil ini, tetapi dikabarkan perusahaan mobil nasional ini tetap melakukan proses produksi dan kegiatan di lingkungan perusahaan.

Pabrik  mobil nasional PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka di Desa Demangan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah hingga saat ini masih terus proses produksi. Berdasarkan pantauan tim  Antara beberapa waktu lalu, mereka menyampaikan bahwa dari luar pabrik di Demangan Boyolali pada hari Sabtu, meskipun pintu utama masuk tertutup rapat tetapi banyak kendaraan sepeda motor milik karyawan sedang parkir di halaman disisi barat pabrik. Bahkan sejumlah petugas satpam pabrik terlihat berjaga di pos pintu kedua masuk gedung perusahaan mobil nasional tersebut.

Penjelasan lainnya disampaikan oleh Kusno warga setempat, PT Esemka di Desa Demangan Boyolali ini banyak membersihkan tulisan Esemka yang menempel di dinding pagar dan pabrik,” katanya. Namun dia menambahkan tidak tahu apakah hanya pekerjaan rutin untuk pemeliharaan atau untuk persiapan rencana acara peresmian pabrik. 

“Kami melihat yang jelas PT Esemka ada aktivitas dalam pabrik proses produksi.” katanya.

Lalu disampaikan oleh GOOTO.COM bahwa Puluhan mobil Esemka jenis pikap terparkir rapi di halaman depan PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di wilayah Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali pada Selasa, 2 April 2019 lalu. Mobil-mobil itu kebanyakan bercat putih dan abu-abu. Bagian depan atau bemper berwarna hitam. 

Di bagian lain, tiga pekerja tampak sibuk menggosok deretan tulisan PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang terbuat dari logam galvanis di luar pagar PT Esemka di wilayah Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. 

Dia mengatakan, tulisan PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) lengkap dengan logonya itu dipasang di pagar, gerbang, dan bagian atap gedung PT Esemka sebelum beredar kabar ihwal rencana peresmian pabrik mobil Esemka itu pada Oktober 2018. "Karena belum jadi diresmikan, tulisan ini kemudian ditutup spanduk agar tidak terlihat kalau ada wartawan yang memotret," kata pekerja itu.

Menurut salah satu warga yang rumahnya tidak jauh dari PT Esemka, akhir-akhir ini terdengar kabar bahwa pabrik mobil Esemka itu baru akan diresmikan setelah Pemilu Presiden 2019 yang diselenggarakan pada 17 April mendatang. "Tapi itu sumbernya dari mana juga tidak jelas. Sudah sering kami dengar kabar tentang rencana peresmian PT Esemka, tapi sampai sekarang kan belum," kata warga Desa Senting, Kecamatan Sambi, itu.

Ditemui Tempo di luar gerbang, satpam PT Esemka mengaku tidak mengetahui kapan perusahaan tempatnya bekerja akan diresmikan. "Sampai sekarang belum ada informasi kapan pabrik mobil Esemka akan diresmikan. Jadi ditunggu dulu ya," kata satpam berseragam biru tua itu dengan nada sopan.