VISI & MISI

Visi

Menjadi perusahaan otomotif nasional yang terpercaya dan handal di Indonesia.



Misi

Berdedikasi penuh untuk membangun industri otomotif nasional dan menghasilkan kendaraan bermotor yang akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat indonesia dengan memprioritaskan suku cadang dan produk buatan lokal.

Sejarah ESEMKA

Berawal dari sekelompok orang yang mempunyai cita-cita yang sama untuk membuktikan bahwa anak-anak Indonesia bisa dan mampu untuk membuat mobil sendiri, maka terbentuklah sebuah komunitas yang kemudian dinamakan ESEMKA.

ESEMKA adalah wadah pembuktian diri dari beberapa orang yang mempunyai keyakinan yang sama bahwa anak-anak Indonesia mampu untuk membuat mobil dengan kemampuan mereka sendiri apabila mereka diberikan kesempatan dalam berkarya.

Kesempatan itu datang seiring dengan dicetuskannya kota Solo sebagai Kota Vokasi oleh Bapak Joko Widodo sewaktu beliau menjabat sebagai Walikota Solo, SMK-SMK bermunculan bagai jamur di musim hujan. Banyaknya SMK yang berdiri, mendorong semangat komunitas ESEMKA untuk semakin cepat mewujudkan cita-cita mereka.

Hasilnya adalah ESEMKA Rajawali yang pada akhirnya digunakan oleh Bapak Joko Widodo sebagai kendaraan dinas. Walaupun setelah dilakukan uji kelayakan dan emisi ESEMKA Rajawali tidak berhasil lolos akan tetapi semangat untuk terus berusaha mengembangkan ESEMKA tetap tumbuh dan bergelora. Hingga akhirnya ESEMKA Rajawali berhasil lolos uji kelayakan dan emisi.

Seiring berjalannya waktu ESEMKA akhirnya berpindah ke jalur Industri untuk dapat lebih  mengembangkan diri beserta  variasi produknya. Untuk perpindahan ini komunitas ESEMKA membentuk suatu badan usaha berbentuk perseroan terbatas yang diberi nama PT. Solo Manufaktur Kreasi yang 100% sahamnya dimiliki oleh swasta nasional.

Solo Manufaktur Kreasi sebagai perusahaan swasta nasional menjalankan semua proses legalitas, perijinan, pengujian dan study kelayakan seperti perusahaan lainnya. Tidak ada fasilitas lebih yang diterima oleh ESEMKA dalam setiap proses yang diperlukan sampai dengan terbitnya semua dokumen perusahaan, ijin-ijin, dokumen pengujian serta dokumen kelayakan.

Sampai saat ini PT. Solo Manufaktur Kreasi telah memiliki ijin untuk memproduksi 8 jenis kendaraan dengan berbagai variasi. 8 jenis kendaraan ringan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Esemka Bima 1.0 M/T
  2. Esemka Bima 1.2 M/T
  3. Esemka Bima 1.3 M/T
  4. Esemka Bima 1.3 L M/T
  5. Esemka Bima 1.8 D M/T
  6. Esemka Digdaya 2.0 M/T
  7. Esemka Garuda 2.0 (4x4) M/T
  8. Esemka Borneo 2.7 D

Solo Manufaktur Kreasi juga mendaftarkan merek dan paten ESEMKA ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual untuk memastikan bahwa cuma ada 1 ESEMKA yang ada di Indonesia yaitu ESEMKA yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di Desa Demangan, Boyolali, Jawa Tengah. Tidak ada pabrik ESEMKA selain yang berada di desa Demangan, Boyolali.

Solo Manufaktur Kreasi mempekerjakan hampir 200 karyawan yang berasal dari lulusan SMK yang berada di daerah Jawa Tengah dan juga menerima siswa magang untuk mengasah keterampilan mereka dengan terjun ke lapangan secara langsung dengan supervisi dari tenaga ahli ESEMKA yang juga berasal dari Jawa Tengah sehingga proses belajar dan penyerapan ilmu dapat berlangsung dengan lancar.

BISA, INDONESIA BISA!!!

Artikel Baru

KEMENPERIN Katakan Komponen ESEMKA 62 Dalam Negeri

KEMENPERIN Katakan Komponen ESEMKA 62 Dalam Negeri

Kehadiran Esemka Bima memang cukup menyita perhatian publik. Mobil Esemka ini juga digadang-gadang akan menjadi mobil nasional dan telah resmi dijual

Read More
ESEMKA BIMA Siap Mengaspal Bersama TNI AU

ESEMKA BIMA Siap Mengaspal Bersama TNI AU

Esemka Bima yang diharapkan akan mendukung perekonomian desa telah banyak menarik perhatian beberapa kalangan, baik itu dari pejabat hingga instansi

Read More
PT. ESEMKA Aktif Beroperasi Segera Diresmikan

PT. ESEMKA Aktif Beroperasi Segera Diresmikan

Lama tidak terdegar kabarnya, PT. Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka di Desa Demangan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah saat ini masih

Read More