Jajal Mobil Esemka di IIMS 2023, Apa Komentar Jokowi?
Jakarta - Presiden Joko Widodo terlihat sempat menyambangi booth PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Jokowi juga sempat terlihat duduk di kursi mobil listrik Bima EV. Lalu apa komentar Jokowi setelah duduk di balik kursi mobil listrik anyar Esemka itu?

 

Saat ditanya, Presiden Direktur PT SMK Eddy Wirajaya tidak menyampaikan secara detail terkait komentar dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Yang jelas kata Eddy, Jokowi pasti akan mendukung Esemka yang berperan meningkatkan perekonomian di dalam negeri.

 

"Kami tahu, beliau kan paling suka untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. kami makanya dedikasiin kami punya produksi itu bagaimana untuk medium down, sehingga bisa berdampak pada ekonomi tempatan dan pesisir," kata Eddy saat dikonfirmasi soal komentar Jokowi usai duduk di kabin Esemka Bima EV.

 

Jokowi sendiri juga tak menjawab saat diberondong banyak pertanyaan tentang Esemka. Di saat bersamaan memang juga muncul pertanyaan soal Konferensi Luar Biasa Ketua PSSI.

 

"Sekali bertanya 20, yang mau dijawab yang mana. Udah nggak usah dijawab semua," ujar Presiden Joko Widodo sembari tersenyum.

 

Di sisi lain, Eddy meminta agar Esemka tidak lagi dihubung-hubungkan dengan Jokowi. Eddy menegaskan, pihaknya hanya murni melakukan bisnis dan tidak ada hubungan dengan Presiden Jokowi.

 

Eddy menilai, Jokowi saat itu hanyalah pencetus merek Esemka bisa lahir. Namun kalau sekarang tak ada lagi urusan dengan orang nomor wahid di Tanah Air itu. Eddy juga menampik tudingan soal Esemka yang hanya muncul di tahun politik.

 

"Itu kalian-kalian aja yang anggap politik, kami tetap pure bisnis tidak ada hubungan politik," tambah Eddy.

 

Dijelaskan Eddy, Esemka memang sempat vakum usai meluncurkan mobil perdana pada tahun 2019. Vakumnya kegiatan produksi Esemka di pabrik kawasan Boyolali jelas Eddy disebabkan oleh pandemi Covid-19. Ketika pihaknya berencana ekspansi tahun 2020, namun harus ditunda karena pandemi.

 

Adapun di ajang IIMS 2023, menjadi kesempatan PT SMK mengenalkan mobil baru bertenaga listrik bernama Bima EV. Mobil itu sudah bisa dipesan masyarakat dengan menaruh booking fee senilai Rp 5 juta. Bima EV ditawarkan dalam dua model yakni Cargo Van dan Passenger Van.

 

Versi Cargo Van dijual seharga Rp 530 juta sedangkan Passenger Van Rp 540 juta. Bagi kamu yang kepincut, bisa langsung mendatangi booth Esemka di IIMS 2023 dan melakukan pemesanan. Tapi harap sedikit bersabar karena mobil akan tiba tiga sampai empat bulan ke depan. Eddy juga memastikan, konsumen tidak perlu khawatir dengan stok suku cadang mobil Esemka.

 

"Kalau kita menjual pasti kita komitmen stok ada aman dengan delivery time itu," tambah Eddy.

 

Sumber: