Setelah Ditunggu-tunggu, Esemka Akhirnya Pamerkan Prototipe Bima EV di IIMS 2023
GridOto.com - PT Solo Manufaktur Kreasi atau lebih dikenal dengan nama Esemka akhirnya mengikuti ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.
 
Kali ini Esemka memperkenalkan prototipe Bima EV yang terdiri dari varian cargo van dan passenger van.
 
Presiden Direktur PT Solo manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, mengatakan pengenalan Bima EV diharapkan dapat mempercepat peralihan ke mobil listrik yang lebih ramah lingkungan.
 
"Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri," ujar Eddy di Jakarta, Kamis (16/02/2023).
 
Kedua varian Esemka Bima EV memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu rofa 2.925 mm.
 
Untuk Bima EV passenger van mampu mengangkut 11 penumpang dan Bima EV cargo memiliki kursi di bagian depan.
 
Kedua mobil ini dilengkapi dengan motor listrik permanent magnet synchronous motor dengan kode TM4018.
 
Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm.
 
Bergeser ke baterai listrik dibekali Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V yang mampu dicas selama 1 jam untuk pengisian cepat dan slow charger hingga 8 jam.
 
Seperti diketahui, merek lokal yang memiliki pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah ini turut meramaikan IIMS 2023 dengan memperkenalkan mobil listrik.
 
Selain Esemka, pameran IIMS 2023 juga diikuti sejumlah merek seperti Audi, BMW, Citroen, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, MG Motors, Mitsubishi, Nissan, Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling, dan Volkswagen.
 
Untuk merek motor yang turut meramaikan ada Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Astra Honda Motor, Italjet, Kawasaki, KTM, Niu, PMA, Royal Alloy, Royal Enfield, Utomocorp, serta Yadea.
 
IIMS 2023 berlangsung selama 11 hari, terhitung mulai hari ini 16-26 Februari 2023 mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Sumber: