Pick Up ESEMKA BIMA Siap Digunakan Untuk TNI AU

Sejak dirilis pada 6 September 2019 dan dilirik oleh beberapa kalangan baik itu BUMDes maupun instansi lainnya. Mobil Esemka Bima ini juga dinilai cocok untuk daerah pedesaan baik itu sebagai alat transportasi penumpang maupun barang. 

Namun di samping itu, ternyata pesona Esemka Bima ini juga menarik pihak Induk Koperasi TNI Angkatan Udara (INKOPAU). TNI AU akan memanfaatkan mobil merek nasional pertama Esemka sebagai kendaraan dinasnya. Mobil ini juga akan digunakan sebagai mobilitas Skadron Udara dan Skadron Teknik.

Informasi ini diketahui langsung dari akun Twitter resmi miliki TNI AU (@_TNIAU).

Sebanyak 35 unit mobil #Esemka Bima akan dibeli oleh INKOPAU dan dihibahkan kepada #TNIAU untuk mobilitas Skadron Udara dan Skadron Teknik di sisi udara (airside) hangar, apron, taxiway, atau runway. Mari kita dukung industri dalam negeri sehingga bisa terus berinovasi,” cuit akun TNI AU yang dilihat detik.com pada Selasa (24/9/2019).

Seperti yang kita ketahui Pick Up Esemka Bima ini memiliki ciri-ciri berwarna putih di bagian bodi dan grill depan berwarna hitam. Melalui akun twitter TNI AU terdapat sebuah gambar pick up Esemka yang diberikan beberapa modifikasi seperti pengecatan warna  kuning dilengkapi dengan lampu sirine. Kemudian di bagian bak nya terdapat tulisan “Skadron Udara 4”.

Selanjutnya, pada gambar tersebut dapat dilihat juga tertulis ‘Alternatif 3’ dengan tambahan lampu merah/lampu biru, tulisan di samping dan profil police line miring.

Spesifikasi lainnya mengenai Esemka Bima yaitu dibekali mesin 1,2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm. Secara dimensi, Esemka memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.890 mm dengan karbo box 2.750 mm x 1.600 mm x 460 mm.

Dukungan yang diberikan oleh pihak INKOPAU merupakan salah satu contoh kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia menggunakan produk dalam negeri buatan anak bangsa. Diharapkan di masa yang akan datang mobil Esemka dapat digunakan untuk berbagai sektor kebutuhan.

 

Sumber:

https://oto.detik.com/mobil/d-4719759/wah-pikap-esemka-bima-bakal-dipakai-tni-au

https://twitter.com/_TNIAU/status/1176351145737900033