Penggunaan Komponen Mobil Esemka 60% sudah dari Dalam Negeri

Perkembangan mobil Esemka ternyata membuat persepsi lain bagi sebagian masyarakat. Dibalik perkembangan mobil Esemka sebagai karya anak bangsa ini ternyata juga terdapat pandangan lain oleh netizen  yang menganggap bahwa mobil Esemka ini mirip dengan mobil buatan China. Padahal mobil buatan anak bangsa ini telah banyak menggunakan komponen lokal dalam negeri. 

Persepsi ini dipatahkan oleh pernyataan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto saat bertemu dengan wartawan di Makassar pada Selasa (10/9/2019) malam.

Yang penting kita melihat isian lokalnya ada nggak itu, yang penting kita pahami. Sudah 60 persen, muffler sudah dibuat di sini, sasis, ban, pelatnya sudah pelat lokal. Wah saya pikir ini merupakan kemajuan yang oleh pemain lokal dan brand-brand dalam negeri, mereka sudah menggunakan komponen lokal,” ujarnya pada wartawan. 

Pada pernyataan ini tentu sudah sangat jelas, mobil Esemka sudah menggunakan brand lokal untuk memproduksi mobil tersebut bahkan sudah mencapai 60%. Penggunaan brand lokal ini juga membuktikan bahwa anak bangsa sudah mengalami kemajuan dalam otomotif terutama pada mobil Esemka ini. 

Dari data Kemenperin, ada lebih dari puluhan vendor lokal yang memasok komponen untuk mobil Esemka. Vendor tersebut berasal dari:

  1. PT. INKA: Tangki BBM, Chassis

  2. PT. IMS + PT. Santoso Cipta Dian Prima: Grill

  3. PT. Armada Indah Agung Glass: Kaca Depan, Samping Kiri, dan Kanan, dan Kaca Belakang

  4. PT. Nippres Energi Otomotif: Accu

  5. PT. Selamat Sempurna: Fuel Filter dan Oil Filter

  6. PT. Duta Nichrindo Pratama: Air Filter

  7. PT. Bando Indonesia: Belt

  8. PT. Gajah Tunggal: Ban

  9. Inkoasku: Velg

  10. ABC Bawen Karoseri: Jok

  11. PT. Inka + ABC Bawen Karoseri: Bak/Kargo

  12. PT. Karya Catur Manunggal: Knalpot

  13. PT. Yogya Presisi Tekuitama Industri: Emblem

  14. Pertamina: Pelumas

  15. PT. Fuller Autoparts Indonesia: Alternater Assy & Starter Assy

  16. PT. Indospring: Per Daun

  17. PT. Tokyo Radiator Selamat Sempurna: Radiator

  18. PT. Anugrah Berkat Cahya Abadi & PT Dana Paint Indonesia: Cat

  19. Prasindo: Brake Shoes

  20. UD. Adi Surya Gemilang: Engine Mounting

  21. Koperasi Batur Jaya: Drum Brake

  22. PT. Samudera Luas Paramacitra: Per Daun dan Shockbreaker

  23. PT. Usra Tampi: Dash Board & Steer Wheel

  24. PT. Cikarang Perkasa: Blok Mesin dan Blok Transmisi

  25. PT. Dasa Windu Agung: Head Lining

  26. Nggawangga Mitra Mulia: Ferro Casting

Selanjutnya Kemenperin senantiasa mendorong Esemka menggunakan komponen lokal yang lebih banyak lagi misalnya untuk mesin dan lain-lain.


Pada saat peresmian dan peluncuran mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa mobil Esemka merupakan brand dan prinsipal Indonesia. Selain itu, Presiden juga melihat proses perakitan mesin dan komponen lain pada acara tersebut.

Tadi dari belakang saya lihat bagaimana  mesin dan komponen-komponen lain dirakit. Saya senang bahwa supplier-supplier komponen yang ada banyak sekali yang berasal dari dalam negeri. Artinya local contentnya sudah baik. Meskipun saya tahu pasti belum sampai angka 80 apalagi 100%,” ujar Presiden Joko Widodo.

Penggunaan komponen lokal Mobil Esemka sebagai karya anak bangsa Indonesia yang telah mencapai 60% diharapkan akan selalu mengalami peningkatan. Tidak hanya dari segi penggunaan komponen, namun peningkatkan kualitas yang akan selalu menjadi sorotan utama para konsumen dalam memilih mobil Esemka sebagai transportasi penumpang dan angkutan.

 

Sumber:

https://oto.detik.com/mobil/d-4703537/60-komponen-mobil-esemka-sudah-dibuat-dalam-negeri