Mobil Listrik Esemka Bima EV Sudah Bisa Dipesan di IIMS 2023, Dijual Mulai Rp 530 Jutaan
GridOto.com - PT Solo Manufaktur Kreasi atau lebih dikenal dengan Esemka memperkenalkan mobil listrik Bima EV di ajang Indonesia Intrnational Motor Show (IIMS) 2023.
 
Merek lokal yang mempunyai pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah ini memperkenalkan Bima EV yang terdiri dari varian cargo van dan passenger van.
 
Meski baru diperkenalkan, Presiden Direktur PT Solo manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, mengatakan selama ajang IIMS 2023 berlangsung Bima EV sudah bisa dipesan.
 
"Sudah bisa pesan (Bima EV) booking fee Rp 5 juta saja, nunggunya sekitar 3 sampai 4 bulan," ujar Eddy kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/02/2023).
 
Soal harga, untuk Bima EV passenger van dibanderol Rp 540 juta dan varian cargo van dijual Rp 530 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.
 
Eddy mengungkapkan, kehadiran Bima EV diharapkan dapat mempercepat peralihan ke mobil listrik yang lebih ramah lingkungan di Tanah Air.
 
"Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri," ungkapnya.
 
Menurutnya, bila selama IIMS 2023 respons pasar cukup baik, bukan tidak mungkin proses CKD mobil listrik Esemka ini akan lebih cepat dilakukan di pabrik yang berlokasi di Boyolali.
 
"Sampai 26 Februari nanti kami akan melihat dan mengevaluasi bagaimana respons market. Kalau sudah CKD harga bisa di bawah Rp 500 juta," ungkap Eddy.
 
Sekilas informasi, kedua varian Esemka Bima EV memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm.
 
Untuk Bima EV passenger van mampu mengangkut 11 penumpang dan Bima EV cargo memiliki kursi di bagian depan.
 
Kedua mobil ini dilengkapi dengan motor listrik permanent magnet synchronous motor dengan kode TM4018.
 
Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm.
 
Bergeser ke baterai listrik dibekali Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V yang mampu dicas selama 1 jam untuk pengisian cepat dan slow charger hingga 8 jam.
 
Sumber: