Hitungan Minggu Rilis, mobil Esemka sudah diminati Pejabat

PT. Solo Manufaktur Kreasi, Boyolali, Jawa Tengah resmi mengeluarkan produk mobil Esemka dan peluncuran fasilitas produksi pada Jum’at, 6 September 2019 lalu. Seperti yang telah diketahui Esemka baru merilis satu mobil berupa pick up Bima dengan peresmian pabriknya di kawasan Desa Demangan Boyolali. Pick Up Bima menjadi sorotan penting bagi beberapa kalangan seperti BUMDes sebagai alat transportasi yang mendukung mobilitas perekonomian desa. Jadi tidak heran, mobil Esemka Bima ini banjir pesanan setelah peluncurannya.

 

Di samping produk Esemka Bima, pada saat yang sama saat acara peresmian tersebut ada tiga mobil SUV dipamerkan tanpa diketahui waktu peluncurannya. Ketiga mobil ini yaitu Garuda 1, Rajawali dan kendaraan anti peluru beremblem ‘Moose’. 

 

Meski belum jelas kapan peluncurannya, ternyata dalam hitungan minggu mobil Esemka kembali menarik minat beberapa kalangan termasuk para pejabat. Salah satunya Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo yang menyatakan minatnya membeli satu unit SUV Esemka jika nanti rilis. Rencananya Ganjar akan menggunakan mobil ini sebagai mobil dinas. Namun Gubernur Jawa Tengah ini masih harus bersabar hingga mobil ini rilis di Tanah Air.

Menurut tim Kompas.com yang hadir saat peresmian pabrik Esemka di Boyolali, dilihat dari eksteriornya, Garuda 1 sudah disematkan lampu proyektor dengan grille berwarna hitam. Secara dimensi, ukurannya tidak jauh berbeda dengan SUV sekelasnya. Kemungkinan besar jika melihat basisnya, Garuda 1 akan dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder. Dengan penggerak roda depan, mobil ini kabarnya juga akan menggunakan transmisi 8 percepatan otomatis.

Pejabat lain yang terpikat oleh mobil SUV ini adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Diberikan melalui Antara, bahwa Khofifah sudah ikutan mengantri untuk membeli satu unit Esemka itu.

Mobil Esemka ini bagus dan rencananya saya juga ikut mengantri untuk membeli satu unit,”ujar Khofifah.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah dan istri Arumi Bachsin sempat merasakan duduk dibalik kemudi Esemka Garuda tersebut. Beliau juga sempat mengatakan bahwa sektor otomotif ini bisa dikembangkan di beberapa kawasan industri di Jawa Timur.

Meski Esemka ini ada di luar Jatim, namun pengembangan sektor otomotif bisa dikembangkan di sini, seperti diproduksi di beberapa kawasan industri di Jawa Timur,” tambah Gubernur Jawa Timur itu.

Melihat minat dari beberapa pejabat Tanah Air  yaitu Ganjar dan Khofifah  mengenai produk Esemka berarti memiliki kualitas yang patut diacungi jempol. Namun kedua pejabat ini harus lebih bersabar menanti kehadiran SUV Esemka tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya sempat mengatakan kalau pihaknya pada tahap awal ini fokus untuk mengembangkan pick up terlebih dahulu dan menyasar daerah pedesaan di sekitaran Jawa Tengah.

Menurut Eddy hal itu lebih realistis bagi Esemka yang menjadi pemain baru di industri otomotif Tanah Air. Tapi mobil pick up ini tak bisa diremehkan karena penjualannya tak pernah absen dari daftar mobil terlaris setanah air. Begitu juga dengan fokus pengembangan pick up ini akan menjadikan mobil ini lebih berkualitas dan meningkatkan stabilitas perekonomian pedesaan.

 

Sumber:

https://oto.detik.com/mobil/d-4713108/ada-satu-lagi-nih-pejabat-kepincut-mobil-esemka

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/02/111416615/bocoran-spesifikasi-esemka-garuda-1-yang-siap-meluncur