10 Unit Mobil ESEMKA Digunakan Kementerian Pertahanan

Mobil Esemka Tipe Bima 1.3 terlihat sudah rapi terparkir di Lapangan Apel Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan Jakarta pada Selasa (15/10/2019) lalu. Kemhan telah melakukan pembelian 10 unit mobil Esemka yang akan digunakan sebagai alat transportasi untuk menunjang tugas dan mobilitas satuan kerja Kementerian Pertahanan.

Alasan Kemhan memboyong Bima 1.3 ini adalah mengutamakan produk dalam negeri.

"Faktor utama dari pengambilan keputusan pengadaan mobil ini adalah demi berkembangnya industri dalam negeri," kata Sekjen Kemhan Laksamana Madya (Laksdya) TNI Agus Setiadji di sela penyerahan mobil itu di Kantor Menteri Pertahanan Jakarta pada  Selasa (15/10/2019).

"Mobil lokal ini harus bisa bersaing di negeri kita sendiri. Karena kalau bukan kita yang menghargai hasil kerja keras generasi muda, siapa lagi," imbuhnya.

Agus Setiadji mewakili Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam serah terima mobil tersebut. 

Agus juga menyampaikan bahwa mobil yang telah dibeli ini nantinya diserahkan ke sejumlah satuan kerja (satker) di Kemhan, seperti Pusdiklat Bela Negara di Rumpin, Badan Instalasi Strategi Pertahanan (Bainstrahan), dan Biro Umum Setjen Kemhan.

"Insya Allah, tahun 2020 nanti kita akan kembali melakukan pengadaan mobil ini. Karena kebutuhan kita untuk mobil operasional yang ada saat ini sudah banyak yang berumur," jelas Agus.

Beliau juga menambahkan bahwa mobil operasional yang ada saat ini di lingkungan Kemhan sudah berumur dan akan melakukan pengadaan kembali.

Dengan bertambahnya pengguna Esemka Bima, semakin naiklah popularitas mobil nasional ini dan meningkatnya kepercayaan instansi dan masyarakat luas dalam menggunakan produk dalam negeri tersebut.

 

Sumber:

https://www.suara.com/foto/2019/10/15/170000/kementerian-pertahanan-gunakan-mobil-esemka

https://www.gridoto.com/read/221886750/esemka-bima-diboyong-kemhan-sebagai-mobil-operasional-ini-alasannya