Esemka Pamerkan Van Listrik, Harganya Sampai Rp530 Juta

Jakarta: Esemka melantai di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dengan memperkenalkan van listrik. Merek asli Indonesia ini memperkenalkan Esemka Bima EV dalam bentuk minibus dan blind van.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, bercerita pengenalan mobil listrik di IIMS 2023 diharapkan dapat membantu mempercepat migrasi dari mobil konvensional menuju kendaraan listrik.  "Prototipe mobil listrik ESEMKA yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri,” urai Eddy Wirajaya Kamis (17-2-2023) di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Dari segi dimensi, Bima EV memiliki Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Uniknya untuk model minibus memiliki konfigurasi jok untuk 11 orang penumpang.

Performa yang ditawarkan Bima EV hadir dari motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm.
 
Tenaganya disuplai dari baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V. Baterainya dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam.
 
Kombinasi antara motor listrik dan baterai yang digunakan membuat Bima EV bisa digunakan berkendara sejauh 300 km dalam sekali pengisian daya.
 
Konsumen sudah bisa memesan Bima EV karena tenaga penjual mereka menawarkan dengan harga Rp540 juta untuk minibus dan Rp530 juta untuk blind van (on the road DKI Jakarta).
 
"Esemka percaya mobil listrik akan menjadi masa depan bagi industri otomotif di Indonesia melalui adanya target terkait penurunan emisi, serta beberapa kebijakan pemerintah untuk mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik, baik yang saat ini sudah ada dan di masa mendatang."
 

(ERA)
 
Sumber: