Esemka Fokus Bantu Sektor UMKM Indonesia
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Solo Manufaktur Kreasi selaku produsen mobil swasta nasional Esemka menjelaskan alasan mereka menghadirkan varian truk pikap BIMA 1.2 dan BIMA 1.3 di IIMS 2023.

 

Menurut Eddy Wirajaya selaku Presiden Direktur, mobil jenis pikap bisa menjadi starting point alias batu loncatan bagi Esemka untuk lebih berkembang lagi kedepannya.

 

"Kami sebagai perusahaan pastinya melihat situasi pasar dan peluang yang ada. Setelah mengamati peluang, kami putuskan untuk mendedikasikan (produksi) di pikap sebagai starting point," ujar Eddy pada Kompas.com, Sabtu (18/2/2023).

 

Eddy melanjutkan, pertimbangan lain yang menjadi motivasi Esemka untuk memulai dari lini pikap adalah faktor sumbangasih terhadap pemilik usaha mikro. Menurutnya, Esemka ingin fokus membantu pengusaha-pengusaha UMKM dalam hal kelancaran logistik.

 

"Esemka adalah lokal, kami ingin hadir sebagai pembantu ekonomi tempatan, yakni para penggiat UMKM," kata Eddy.

 

Dirinya juga menambahkan, fokus pada pembantuan UMKM juga berarti Esemka turut serta pula dalam pengembangan ekonomi nasional.

 

Ketika ditanya perihal akankah Esemka memunculkan varian baru di segmen lain seperti LCGC, SUV, dan MPV, Eddy menjawab santai. Menurutnya, hal itu akan direalisasikan seiring dengan berjalannya waktu.

 

"Seiring waktu berjalan, kami akan fokuskan produksi untuk varian-varian baru di segmen lain, kenapa enggak," kata Eddy

 

Sumber: