Gambar : Antaranews.com

PT Solo Manufaktur Kreasi, Pabrik Mobil Nasional atau lebih dikenal dengan Esemka terus produksi dan melakukan aktivitas di perusahaan tersebut. Di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah tim AntaraNews melakukan pantauan di luar pabrik untuk mengetahui perkembangan dan aktivitas dari pabrik ini sekarang secara langsung.

Berdasarkan pantauan Antara pada Sabtu (6/4/2019), meskipun pintu utama masuk tertutup rapat tetapi banyak kendaraan sepeda motor karyawan yang parkir di sisi barat pabrik. Selain itu, sejumlah petugas satpam juga terlihat terjaga pada kedua pintu masuk perusahaan. Jika dilihat di sisi belakang pabrik, terdapat aktivitas pengembangan pabrik dan pembangunan gedung baru. 

Pengakuan salah seorang satpam yang tidak disebutkan namanya kepada tim Antara bahwa belum pasti kapan resmikan dan jika ingin  meliput nanti saat peresmian saja. 

Sejumlah wartawan yang ingin mengetahui perkembangan dan aktivitas di dalam Pabrik Mobil Nasional itu mencoba untuk izin masuk ke dalam, tetapi tetap tidak diizinkan.

Sementara, salah satu warga Desa Demangan yang tinggal tak jauh dari pabrik, Yanti (45) mengatakan bahwa pabrik Esemka terus memproduksi mobil. Tapi jika Sabtu, ada kemungkinan sedang libur, sehingga tak banyak aktivitas di dalam pabrik.

Gambar : Tempo.co

 

Pengakuan warga setempat lainnya, Kusno menjelaskan bahwa memang banyak aktivitas di dalam pabrik baik itu dari karyawan dan sejumlah pekerja bangunan. Dia juga melihat pada hari Jum’at (5/4) sejumlah pekerja mengecat dan membersihkan tulisan Esemka yang menempel di dinding tembok dan pagar pabrik. Namun dia juga tidak tahu pasti apakah hanya pekerjaan rutin untuk pemeliharaan atau persiapan rencana peresmian. 

“Kami melihat yang jelas PT. Esemka ada aktivitas dalam pabrik proses industri,” katanya.

Sumber :

https://www.antaranews.com/berita/821173/pabrik-mobil-esemka-di-boyolali-terus-produksi

Gambar : tempo.co